Cara Bypass Aplikasi Yang Mendeteksi Akses Root | Anti Root Detection Android

Cara melewati Aplikasi Android Yang Mendeteksi Akses Root - Memang tidak dapat dipungkiri, pengguna ponsel Android yang di root memang mendapatkan hasil lebih maksimal dibandingkan dengan ponsel yang tidak memiliki akses root.

root detection bypass

Namun, taukah sobat bahwa beberapa aplikasi penting dan game Android tertentu melarang akses root tersebut untuk di jalankan pada perangkat yang memiliki akses root karena beberapa alasan keamanan.

Rooted ini sendiri membuat aplikasi tersebut rentan terhadap serangan spyware atau virus sedangkan pada sebuah game, akses rooted ini dapat membuat para pemainnya bebas memasang 3rd apps yang mengakibatkan game tersebut rusak atau rawan kecurangan.

Notifikasi peringatan yang sering kita temukan seperti:
  • Unauthorized Action Detected
  • Perangkat anda terdeteksi sebagai rooted device
  • This application is not supported on rooted devices
  • This device is rooted or has a custom ROM. For your security this application cannot be run from a rooted device or a device with a custom ROM.
  • A tool or an App that could cause irregular effects has been detected. Please delete any suspicious tool or App from your device and restart the game.
  • Root Device Detected! Perangkat anda terdeteksi sebagai rooted device. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, anda tidak diperkenankan mengakses aplikasi ini.
  • Security Detection
  • Root Device Detected! Access Denied
  • has detected that your devices may be rooted.
  • Security Alert(code : 1)
  • Security Alert(code : 2) [xposed]
  • Security Alert(code : 4) [vm]
  • Security Alert(code : 5)
Notif diatas sudah jelas melarang penggunanya untuk menjalankan apps/game pada perangkat yang di root. Namun jika ingin melanjutkan sobat dapat melakukan unroot pada ponsel sobat kemudian membuka kembali aplikasi/game yang mendeteksi akses root tadi.

Nah, bagaimana jika kita ingin melanjutkan namun tanpa melakukan unroot terhadap hp tersebut? Solusi terbaik adalah menyembunyikannya app/game yang mendeteksi root. Metode menyembunyikan root ini dapat sobat ikuti pada tutorial di bawah ini.

A. Bypass Root Detection Menggunakan Magisk Manager


Melewati aplikasi atau game Android yang mendeteksi akses root menggunakan Magisk Manager merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh user Android. Selain mudah metode ini seringkali bekerja dengan baik untuk hal tersebut.

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi superSU yang sering kali kita lihat namun, Magisk menawarkan fitur yang lebih baik dari superSU dan salah satunya adalah dapat menyembunyikan akses root tadi dari aplikasi yang terpasang di perangkat Android sobat.. Sehingga Magisk sangat cocok dijuluki dengan "Anti Root Detection Android"

Langkah Bypass Root Detection Magisk

  1. Pertama-tama instal magisk manager di Android sobat yang sudah di-root [Download Here]
  2. Sekarang buka Magisk Manajer kemudian berikan izin root. Setelah itu, pilih opsi  'Install'  dihalaman utama Magisk Manager, tunggu proses ini sampai selesai.
  3. Setelah selesai, sobat dapat menekan tombol 'Detect' dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi berhasil menganalisis boot image bersama dengan lokasi tempat pemasangan app. Lanjutkan dengan, mengklik  opsi 'Download & Install yang muncul pada halaman yang sama.
  4. Pada langkah selanjutnya, sobat harus memilih Hide Root Magisk dari opsi menu yang terletak disebelah kanan dan kemudian mengaktifkan aplikasi yang ingin sobat sembunyikan dari deteksi root.

B. Anti Root Detection Android dengan menggunakan RootClock


Untuk melewati aplikasi yang mendeteksi akses root menggunakan RootClock ini, terlebih dahulu sobat harus menginstal Xposed Installer pada perangkat Android yang sudah di root. Jika belum sobat dapat menginstalnya terlebih dahulu Xposed Installer [Download]

Langkah-langkah Menyembunyikan Root Android menggunakan Module Xposed RootClock
  1. Instal module Xposed RootClock [Download]
  2. Aktifkan App RootClock di Xposed Installer
  3. Reboot Android sobat agar modul ini bekerja dengan baik.
  4. Setelah reboot buka app RootClock  dan buka setting RootClock
  5. Pada halaman ini sobat perlu menambahkan aplikasi mana yang ingin akses root-nya disembunyikan, yang perlu sobat lakukan hanyalah mengklik Add/ Remove Apps kemudian memilih semua aplikasi dari daftar.
  6. Sekarang, keluar dari app tersebut.

C. Cara menyembunyikan Akses Root superSU


Metode ini terbilang sangat mudah karena sobat tidak memerlukan bantuan tools 3rd party lain untuk membantu menyembunyikan akses root dari aplikasi atau game yang mendeteksinya.

Langkah-langkah bypass Aplikasi/Game Android yang mendeteksi Akses Root [superSU]
  1. Buka aplikasi superSU yang sudah terinstal diperangkat sobat.
  2. Klik pada Tab Pengaturan
  3. Matikan akses root dengan cara hilangkan ceklis pada Aktifkan Superuser kemudian tunggu beberapa saat lalu minimize superSU
  4. Buka Aplikasi atau game yang terdeteksi kemudian login seperti biasanya
  5. Minimize game atau aplikasi tersebut, lanjutkan dengan membuka kembali Aplikasi superSU tadi
  6. Aktifkan kembali root di Android sobat dengan memberikan ceklis pada Aktifkan Superuser kemudian kembali lagi ke Aplikasi atau game tadi.
  7. Selesai, sekarang sobat dapat menjalankan Apps atau game Android yang melarang akses root tadi tanpa melakukan unroot penuh di Android sobat.
Trik ini terkadang dapat menyebabkan superSU error atau munculnya pesan kesalahan seperti "SuperSu Binary Occupied". Untuk mengatasinya sobat dapat mengikuti tutorial dibawah ini:
  • How to fix superSU binary Occupied [The SU binary needs to be updated!] with superSU fix Occupied.apk Click Here
  • Cara mengatasi superSU binary Occupied [SU membutuhkan binari terbaru] Click Here

D. Bypass Root Detection Menggunakan Xposed Module Xprivacy


Xprivacy dapat mencegah aplikasi lain membocorkan privasi dan data sensitif sobat. Xprivacy dapat membatasi kategori data yang dapat diakses oleh aplikasi lain. Ini dilakukan dengan memberi batasan dan data palsu kepada aplikasi lain yang terinstal di Android sobat .

Ada beberapa kategori data yang dapat dibatasi, misalnya kontak atau lokasi. Jika sobat membatasi akses ke kontak untuk suatu aplikasi, ini akan menghasilkan pengiriman daftar kontak kosong ke aplikasi lain. Demikian pula, membatasi akses aplikasi lokasi sobat maka, akan menghasilkan lokasi palsu yang dikirim ke aplikasi lain.

Langkah Bypass Root Detection Menggunakan Xprivacy
  1. Android sudah memiliki akses root dan sudah terinstal Xposed.
  2. Instal module Xposed: Xprivacy [Download]
  3. Aktifkan Xprivacy pada Xposed kemudian reboot Android sobat.
  4. Buka Xprivacy kemudian cari App atau Game yang melarang akses root di Android sobat.
  5. Berikan ceklis kemudian Tap pada game/aplikasi tersebut
  6. Scroll kebawah hingga sobat menemukan opsi 'Shell' kemudian berikan ceklist pada kolom shell tersebut.
  7. Didalam opsi shell berikan kembali ceklis pada opsi 'sh'
  8. Kembali kemenu utama Xprivacy, kemudian buka kembali game/aplikasi Android yang melarang akses root tadi
  9. Selesai.
Tutorial diatas adalah beberapa metode mudah untuk melewati aplikasi atau game android yang mendeteksi akses root tanpa harus melakukan unroot terlebih dahulu di perangkat Android.

Sobat dapat mencobanya satu persatu sehingga menemukan yang mana benar-benar bekerja untuk Aplikasi atau game yang sobat jalankan saat itu.
Eram
Alone in this dark room !!!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter