Mencegah, Mengatasi dan Cara Menemukan Hp Yang Hilang Dicuri

Post a Comment
Ketika hp kalian dicuri atau hilang serta belum mengaktifkan fitur keamanan seperti pelacakan lokasi, temukan perangkat dan sama sekali belum menginstal aplikasi pihak ketiga (3rd party Apps) android yang memiliki fitur pencari lokasi untuk melacak hp android yang hilang, kemungkinan besar ponsel tersebut akan sulit ditemukan.

Melacak ponsel yang hilang menggunakan nomor Hp, Imei ataupun Serial Number hampir tidak memungkinkan di beberapa negara termasuk Indonesia. Pelacakan seperti itu, hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, atau memiliki izin yang resmi untuk menemukan lokasi menggunakan nomor Hp, Imei dan Serial Number.

Sebagian besar, orang yang menemukan hp atau orang yang melakukan pencurian ponsel, akan menonaktifkan perangkat tersebut untuk beberapa waktu, setelah dirasa cukup aman orang-orang ini akan melakukan Reset bahkan Flashing terhadap perangkat tersebut, itu berarti menghapus semua pengaturan, data dan hal-hal lain yang tadinya telah kita atur sedemikian rupa.

Untungnya android keluaran terbaru telah meningkatkan keamanan yang sering kita kenal dengan  Factory Reset Protection (FRP). FRP ini akan melindungi ponsel dari reset yang tidak di inginkan dengan cara meminta pola, sandi, ataupun PIN sebelum melakukan reset terhadap perangkat tersebut. Fitur FRP ini tidak aktif begitu saja, melainkan harus diaktifkan secara manual di pengaturan Android masing-masing.

Namun, masih ada kemungkinan kecil hp yang hilang atau dicuri tersebut dapat ditemukan, jika perangkat android kalian masih aktif dan masih terhubung ke internet serta masih terhubung dengan akun gmail (email kamu belum dihapus ataupun diganti).

Tidak banyak cara untuk menemukan hp yang hilang tersebut, namun kalian dapat mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga yang disarankan untuk membantu kalian menemukan hp yang hilang atau di curi :

Where My Droid
Temukan Perangkat Saya (Find My Devices) By Google

Jika hp kalian belum hilang atau di belum dicuri dan ingin meningkatkan keamanan perangkat tersebut atau sekedar berjaga-jaga jika hal tersebut terjadi, mengaktifkan fitur FRP, mengaktifkan fitur pelacakan dan menginstal aplikasi pihak ketiga di hp tersebut merupakan solusi terbaik untuk menjaga ponsel yang belum hilang. Jika nanti ponsel tersebut hilang atau di curi, mencarinya tidak terlalu sulit karena aplikasi 3rd party telah terpasang sebelumnya di perangkat tersebut.

Dibawah ini adalah 3rd party apps yang disarankan, dapat kalian gunakan untuk menjaga dan melindungi ponsel dari kasus pencurian.


Mencegah, mengatasi dan menemukan hp yang hilang merupakan topik utama yang disuguhkan dalam artikel diatas. Saran dan beberapa cara yang dapat memudahkan kalian jika suatu saat kehilangan ponsel agar mudah untuk menemukannya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter