Aplikasi Bawaan Android (Bloatware) Yang Aman Dan Tidak Boleh Dihapus

Post a Comment
Bloatware Android | Menghapus atau menonaktifkan Aplikasi bawaan Android (Bloatware) yang tidak digunakan, merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi konsumsi penyimpanan Internal di Perangkat Android. Ketika baru membeli Smartphone Android, kita akan menemukan banyak sekali Bloatware ini, mulai dari yang kita ketahui fungsi dan kegunaanya sampai yang mungkin tidak pernah kita lihat sama sekali.

cara menghapus aplikasi android bawaan pabrik

Bloatware Android tersebut, kebanyakan terpasang bersamaan dengan Aplikasi sistem sehingga, kita tidak akan menemukan opsi untuk menghapusnya, Namun di beberapa merek ponsel Android, kita akan menemukan opsi untuk menonaktifkannya. Yang perlu diketahui ketika kita ingin menghapus Aplikasi bawaan Android tersebut adalah Bloatware mana saja yang boleh dan tidak boleh dihapus agar tidak menyebabkan masalah terhadap kinerja sistem perangkat Android itu nantinya.
Dibawah ini adalah beberapa aplikasi sistem dan bloatware android yang Aman dan tidak boleh dihapus atau dinonaktifkan serta efek yang terjadi pada perangkat Android.

1. Kerangka Kerja Layanan Google


Kerangka Kerja Layanan Google seperti Google Play Store, Google Play Service, Google Play Game, Pengelola Akun Google, Google Kalender, Aplikasi Google Photo, Gmail dan lain sebagainya akan membuat perangkat Android Crash dan bekerja tidak normal jika kita menghapus salah satu dari Kerangkat tersebut.

2. Aplikasi Sistem Default Penting


Aplikasi default seperti Perpesanan, Panggilan, Galeri, Album, Musik Player, Kamera, Movie Creator, Launcher dan lain sebagainya walaupun bisa dihapus atau dinonaktifkan namun akan mengurangi beberapa fitur, fungsi serta kegunaan pada perangkat Android tersebut. Kita dapat menghapus aplikasi diatas kemudian menggantinnya dengan aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi dan fitur yang sama atau lebih baik sehingga membuat fitur-fitur tersebut tidak hilang, bahkan lebih baik.

3. Aplikasi Games dan Beberapa Aplikasi Sosial Media Lainnya


Kita bebas ketika ingin menghapus Bloatware seperti Games Android yang tidak di inginkan atau jarang sekali di mainkan, Aplikasi Sosial Media Facebook, Instagram, Youtube, Dailymotion dan beberapa aplikasi Bloatware lainnya.
Beberapa Aplikasi bawaan Pabrik (Bloatware) tersebut terkadang menyisipkan beberapa script yang akan membuat Android kalian sering muncul Iklan, Popup dan lainnya, itulah mengapa Penghapusan Bloatware ini sangat perlu dilakukan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter