Tips Simpel Membuat Android Kamu Jadi Lebih Cepat

Post a Comment
Cara mempercepat hp android yang lemot | Kinerja Smartphone lama-kelamaan terasa menjadi semakin lambat bahkan Lag, entah itu saat memainkan game, menonton video ataupun ketika menjalankan aplikasi-aplikasi favorit.

aplikasi agar android tidak lemot

Banyak sekali alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan untuk mengatasinya sobat dapat mencoba beberapa tips simpel di bawah ini:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan


Hapus Aplikasi Bawaan Pabrik Android | Banyak sekali aplikasi di google play store yang dapat kita unduh dan pasang pada perangkat android dengan gratis dan tanpa batasan.

Terkadang kita juga lupa, sudah berapa banyak yang telah kita download dan pasang, dan hasilnya adalah: Smartphone Android lama-kelamaan akan menjadi lambat. Untuk mencegah hilangnya kinerja ini, kalian harus secara berkala memeriksa aplikasi yang kalian pasang dan menghapus aplikasi lain yang menurut kalian tidak terlalu diperlukan serta digunakan. Aplikasi bawaan pabrik (bloatware) yang boleh dan tidak boleh dihapus

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan 


Disable Apps Android | Fitur “Performance assistant” diperkenalkan pertama kali di Android ICS berfngsi untuk membantu kita menonaktifkan aplikasi yang tidak kita perlukan.

Menonaktifkan aplikasi berbeda dari mencopot pemasangan aplikasi, menghapus instalasi aplikasi berarti menghapus semua file termasuk data, sedangkan jika kita menonaktifkan aplikasi tidak menghapus file dan data tersebut, dan keuntungannya adalah kita dapat mengaktifkan lagi aplikasi tersebut jika diperlukan tanpa harus mendownload dan memasang ulang. Baca Cara unninstal aplikasi bawaan pabrik Android

3. Hapus/Kosongkan Cache Aplikasi 


Clear Data Cache Apps Android | Hampir semua aplikasi Android menyimpan data dari clipboard. Dan dengan berjalannya waktu, cache ini akan terus penuh, yang memiliki efek negatif terhadap kinerja perangkat Android kita.

Untuk mengatasi ini, kita dapa mengandalkan kemampuan aplikasi yang memang di khususkan untuk membersihkan ini, seperti aplikasi CCleaner, ini dapat membantu kita untuk membersihkan cache aplikasi dan membantu melakukan pemeliharaan terhadap perangkat android.

4. Mengurangi atau menghapus Widget dan Live Wallpaper 


Remove Widget Android | Widget bukanlah aplikasi, yang berjalan setelah kita memilih untuk mengaktifkannya. Widget selalu berjalan di latar belakang , ini selalu aktif sepanjang waktu.

Sementara beberapa pengguna Android menggunakannya untuk melacak cuaca, dan tanggal-tanggal penting dan lainnya, yang lain menggunakan widget sebagai Kontrol tambahan untuk shortcut ke pengaturan penting seperti mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth atau GPS mereka atau menonaktifkannya.

Ini memang sangat membantu tetapi, ingatlah bahwa terlalu banyak dari widget yang berjalan di homescreen kita akan menyebabkan kinerja perangkat kita melambat. Widget dan Live Wallpaper yang berlebihan tidak hanya berdampak negatif dan mempengaruhi pada kinerja sistem. Bahkan baterai juga ikut terbebani, jadi, mengikuti tips ini juga akan meningkatkan masa pakai baterai.

5. Perbarui firmware Android 


Upgrade Firmware Android | Kalian harus memperbarui atau mengupdate smartphone android ke firmware yang paling terbaru.

Google menghadirkan peningkatan besar untuk setiap sistem operasi Android yang baru dirilis, termasuk pembaruan yang memastikan stabilitas, kecepatan dan konektivitas kinerja yang lebih tinggi bersama dengan fitur baru yang ramah pengguna dan lainnya.

6. Menggunakan Kartu Memori Berkecepatan Tinggi


Micro SD Card | Kartu memori adalah ruang penyimpanan telepon pada smartphone android kita. Ponsel dengan memori internal yang rendah dapat memperoleh dorongan dari kartu memori berkapasitas tinggi untuk ruang penyimpanan maksimal.

Selain menambah kapasitas itu juga dapat mempengaruhi kecepatan untuk transfer data. Kita bisa mendapatkan antara 2GB sampai 32GB ruang penyimpanan yang mendukung operasi Read Write berkecepatan tinggi.

Selalu gunakan kartu memori berkualitas tinggi untuk ponsel Android kalian jika kalian ingin mendapatkan kinerja maksimal untuk smartphone android kalian.

7. Mengupdate Aplikasi


Update Apps Android | Kita harus secara teratur memperbarui aplikasi yang telah dipasang pada smartphone Android dari Google Play.

Segera lakukan pembaruan aplikasi kalian saat tersedia di Google Play. Pengembang biasanya memperbaiki bug dan menambahkan fitur di versi aplikasi yang baru dirilis.

Aplikasi yang diperbarui berfungsi dengan lebih baik dan lebih cepat, dan kemungkinan kecil akan merusak ponsel kita.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter