Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Bitcoin

Post a Comment
Bitcoin menjadi cara termudah untuk bertransaksi dengan biaya rendah, Sehingga ini menjadi salah satu kelebihan dari penggunaan mata uang bitcoin tersebut. Selain itu untuk sekarang ini, Bitcoin juga dapat di gunakan hampir di semua perangkat dan OS yang memiliki koneksi internet.
Di bawah ini adala beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan mata uang Bitcoin.


Kelebihan menggunakan mata uang Bitcoin

Kebebasan Pembayaran


Memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima uang secara instan di manapun dan kapanpun. Tidak ada libur bank. Tidak ada batas negara. Tidak ada birokrasi. Bitcoin memberikan kita kendali dan kontrol penuh atas uang kita sendiri.


Mengatur Biaya pengiriman sendiri  

Tidak ada biaya untuk menerima bitcoin, dan kebanyakan dompet telah memungkinan untuk mengontrol besarnya biaya ketika menggunakan. Biaya lebih tinggi akan mendorong konfirmasi yang lebih cepat untuk transaksi kita. Biaya tidak tergantung jumlah transfer, jadi mungkin untuk mengirim 100 bitcoin dengan biaya yang sama dengan mengirim 1 bitcoin. Selain itu, prosesor pedagang ada untuk membantu pedagang dalam pemrosesan transaksi, mengubah bitcoin ke dalam mata uang fiat konvensional, dan memasukkan uang langsung ke rekening bank pedagang tersebut setiap harinya. Karena semua layanan ini berbasis Bitcoin, maka biaya yang diperlukan jauh lebih rendah dibandingkand dengan kartu kredit ataupun PayPal.

Resiko Rendah bagi Pedagang 

Transaksi Bitcoin sangat aman, tidak bisa dibatalkan, dan tidak mengandung informasi pribadi atau sensitif dari pelanggan. Hal ini melindungi penjual dari kerugian akibat penipuan atau kecurangan chargeback, serta tidak perlu penyesuaian PCI. Penjual dapat dengan mudah berekspansi ke pasar baru di mana kartu kredit tidak tersedia dan tingkat penipuan sangat tinggi. Hasil akhir dari Bitcoin adalah biaya yang lebih rendah, pasar yang lebih luas, dan pengeluaran administratif yang lebih sedikit.

Kontrol Penuh Dan Tingkat Keamanan Tinggi 

Pengguna Bitcoin memiliki kontrol penuh atas transaksi mereka, tidak mungkin bagi penjual untuk membuat tagihan yang tidak diinginkan ataupun diperhatikan sebagaimana yang bisa terjadi dengan metode pembayaran lainnya. Pembayaran dengan Bitcoin bisa dibuat tanpa menyertakan identintas pribadi untuk proses pembayarannya. Hal ini memberikan perlindungan yang kuat dari para pencuri identitas. Pengguna Bitcoin juga bisa melindungi uang mereka dengan pencadangan dan enskripsi.

Transparan dan netral 

Semua informasi terkait suplai mata uang bitcoin yang tersimpan di dalam rantai-block dapat dilihat secara publik yang ingin memverifikasi atau menggunakannya secara real-time. Tidak ada individu ataupun badan manapun yang mengkontrol dan memanipulasi protokol bitcoin karena diamankan secara kriptografis. Hal ini memungkinkan inti Bitcoin untuk dapat sepenuhnya netral, transparan, dan dapat diprediksi.

Kekurangan Menggunakan Mata Uang Bitcoin

Tingkat penerimaan

Banyak orang masih belum menyadari keberadaan Bitcoin. Setiap hari, makin banyak bisnis yang menerima bitcoin karena mereka menginginkan keuntungan dari penggunaan bitcoin, namun tetap saja daftar pengguna masih sedikit dan perlu bertumbuh untuk mendapat keuntungan dari efek jaringan. 

Volatilitas

Nilai total dari bitcoin yang beredar dan jumlah bisnis yang menggunakan Bitcoin masih sangat kecil dibanding yang semestinya. Karena itu, acara-acara kecil, perdagangan, ataupun aktivitas bisnis dapat secara signifikan mempengaruhi harga bitcoin. Secara teori, volatilitas ini akan berkurang seiring berkembangnya pasar dan teknologi Bitcoin. Sebelumnya tidak pernah ada mata uang yang diciptakan sendiri, sehingga sangat sulit (dan menarik) untuk membayangkan perkembangan apa yang akan terjadi selanjutnya. 

Pengembangan yang sedang berlangsung

Perangkat lunak Bitcoin masih dalam versi beta dengan banyak fitur tidak lengkap yang masih dikembangkan secara aktif. Perangkat, fitur, dan layanan baru tengah dikembangkan untuk membuat Bitcoin lebih aman dan mudah diakses publik. Beberapa pengembangan ini masih belum siap untuk semua orang. Sebagian besar bisnis Bitcoin masih tergolong baru dan belum menawarkan asuransi. Secara umum, Bitcoin masih dalam proses pendewasaan.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurang dari Bitcoin yang wajib kamu ketahui sebelum menggunakan mata uang virtual tersebut.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter