Menyambungkan Android ke layar TV menggunakan Kabel dan tanpa Kabel

Post a Comment
menyambungkan android ke tv via kabel hdmi

Cara menghubungkan hp ke tv - Pada saat ini hampir semua kegiatan dilakukan di perangkat smartphone android. Karena dirasa dapat memudahkan kita melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di android. Namun terkadang pengguna merasa kurang puas karena besarnya layar smartphone android yang digunakan untuk melakukan
berbagai kegiatan.

Hal inilah yang membuat user android untuk bisa memudahkan berbagai kegiatan yang dilakukan di ponsel mereka dengan menggunakan cara yaitu menyambungkan android ke tv yang lebih besar, seperti televisi, proyektor dan perangkat lainnya yang sejenis.

Hingga saat ini banyak pengguna android yang sudah banyak mencoba untuk menghubungkan perangkat android ke layar  yang lebih besar, hal ini dikarenakan dengan menggunakan layar yang lebih besar akan lebih memudahkan kegiatan yang dilakukan oleh para user android tersebut yang sebagian besar aktifitasnya memang dilakukan di ponsel mereka.

Selain itu, dengan menggunakan layar yang lebih besar kita dapat menikmati konten yang ada dalam ponsel kita seperti  menjelajah internet, melihat Foto dan gambar, serta menonton video  secara bersama-sama dengan orang lain, hal ini akan lebih praktis misalnya pada saat anda akan melakukan presentasi yang mengharuskan semua orang untuk melihat slide powerpoint yang anda buat di ponsel.

Untuk menghubungkan ponsel Android atau tablet ke TV kita dapat menggunakan kabel MHL/SlimPort (melalui Micro-USB) atau mikro-HDMI jika didukung, atau menggunakan fitur sambungan nirkabel kita dapat menggunakan bantuan Miracast atau Chromecast untuk menyambungkan layar.

Menyambungkan Android ke layar TV tanpa menggunakan Kabel (Nirkabel)


Untuk kamu yang tidak ingin menghubungkan smartphone Android ke TV menggunakan kabel sebagai konektor, dapat juga menggunakan sambungan tanpa kaber (Nirkabel). Sebenarnya cara ini bisa dibilang lebih praktis dan mudah digunakan karena menghubungkan smartphone Android kita ke Televisi atau sejenisnya tanpa menggunakan sambungan kabel.

Menghubungkan smartphone Android ke TV tanpa kabel dapat kamu lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi CheapCast atau Chromecast, dengan syarat Smartphone android dan Tv kalian sedah sama-sama terpasang salah satu aplikasi diatas.

Menggunakan Miracast


Caranya menguhubungkan miracast dari smartphone android kita ke Televisi yaitu, kita hanya perlu mengaktifkan miracast dengan membuka setting lalu pilih display, selanjutnya akan muncul pilihan miracast.

Aplikasi Chromecast


Dengan menggunakan aplikasi Chromecast kita juga dapat menghubungkan smarthphone Android ke TV. Namun cara ini tidak sepenuhnya berhasil tanpa menggunakan kabel HDMI untuk dijadikan host ke TV.

Pertama hal yang harus anda lakukan adalah menyiapkan dua smartphone android,  smartphone android yang satu berfungsi sebagai host dan yang lainnya berfungsi sebagai remot.

Selanjutnya aktifkan Chromecast fitur yang biasanya ada pada TV LCD kita kemudian pasang pada port HDMI yang ada pada TV. sebelumnya kita harus mendownload aplikasi Chromecast dari google playstore dengan menghubungkan android anda dengan WiFi.

Setelah selesai mendownload, buka aplikasi Chromecast Android, kemudian sinkronisasikan dengan Chromecast yang ada di TV kita.

Selesai, sekarang anda dapat menikmati dan mengerjakan aktifitas yang ada di HP android dengan menggunakan Layar TV anda yang ukurannya lebih besar.

Menghubungkan Android ke layar TV dengan menggunakan kabel


Untuk cara menghubungkan HP Android ke TV LCD dengan menggunakan kabel termasuk cara yang paling mudah yakni dengan menggunakan kabel HDMI, untuk melakukannya kita hanya perlu menggunakan konektor HDMI. Konektor HDMI ini biasanya dapat kita beli atau dapatkan pada perangkat android keluaran terbaru. Jika android kita tidak dilengkapi dengan kabel HDMI kita cukup membelinya, karena kabel HDMI ini cukup banyak di temukan ditoko-toko online yang tersebar di internet.

Kita hanya cukup menghubungkan kabel tersebut ke perangkat Televisi atau sejenisnya yang . Selanjutnya ubah tampilan layar anda menjadi landscape agar ukuran dan rasio pada TV LCD lebih pas.

Untuk lebih jelasnya anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

-Matikan TV terlebih dahulu sebelum menyambungkannya.
-Siapkan kabel HDMI pastikan kabel tersebut sesuai dengan Tv dan perangkat android kita
-Sambungkan HP android ke TV dengan menggunakan kabel HDMI tadi
-Setelah selesai menyambungkan, nyalakan kembali televisi kemudian lakukan pengaturan yang ada layar TV
-Selesai, Ponsel android kamu sekarang sudah terhubung dengan televisi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter