MENGATASI MASALAH ANDROID LAMBAT DAN BERAT TANPA APLIKASI DAN TANPA ROOT

cara agar main game android tidak lag berat dan crash

Pernah mengalami smartphone Android semakin lama terasa semakin lambat dan mudah sekali crash. Hal seperti ini sering terjadi pada ponsel android Low-End sampai Android dengan kualitas High-

End sekalipun. Pada waktu pertama membeli, kita akan merasakan smartphone android yang benar-benar bekerja sangat cepat dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Lama kelamaan Smartphone android yang kalian pakai mulai terasa agak berat dan lelet dikarenakan bertambahnya data dan cache aplikasi serta game yang semakin hari semakin banyak tanpa pernah kamu sadari.

1. Update OS Dan Perangkat Lunak  Lainnya


Operasi sitem android berkembang sangat cepat mulai dari Android Ice Cream Sandwich (4.0) sampai yang terbaru saat ini yaitu Android Pie (9.0). Ada baiknya kamu juga melakukan pemeriksaan terhadap Versi Android yang kamu gunakan. Update versi Android ini juga bertujuan untuk memaksimalkan kinerja android yang kamu pakai, memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat pada versi sebelumnnya yang dapat menyebabkan android kamu lag, lelet, berat serta cepat panas.

2. Menghapus Data Dan Cache Aplikasi


Data dan Cache pada aplikasi dan game android juga ada baiknya kamu bersihkan, Riwayat browsing di browser serta aplikasi yang kalian rasa sering digunakan dengan tujuan untuk mengurangi lag pada ponsel android kita.

3. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai


Mengurangi dan menghapus aplikasi yang tidak terlalu di pakai juga salah satu alternatif terbaik untuk mengurangi lag dan lelet di android kamu, karena biasanya aplikasi-aplikasi tersebut  banyak berjalan di belakang layar atau berjalan otomatis saat ponsel di hidupkan (reboot)

4. Koneksi Internet Lelet dan tidak stabil


Jaringan yang lelet juga dapat menyebabkan Android kamu lemot. Jika lemot dan lag yang disebabkan oleh koneksi tersebut kamu dapat mengatasinya dengan mencari atau berpindah lokasi dimana ditemukannya koneksi internet yang kuat dan stabil.

5. Memindahkan File Ke Kartu SD


Biasanya memori penyimpanan internal bawaan android bisa di bilang terbatas dan sangat kecil, dan oleh sebab itu disediakan slot microSD agar kamu dapat menambahkan penyimpanan eksternal di android. Memori penyimpanan yang penuh dapat menyebabkan kinerja ponsel android berkurang, bahkan pada kasus lain, penyimpanan android yang sudah melewati batas dapat menyebabkan Ponsel android kamu Crash.

6. Pemakaian Widget Dan Tema Seperlunya


Pemakaian widget yang berlebih juga dapat membuat android menjadi berat, Semakin banyak widget tersebut akan semakin berat pula kinerja android kita. Ada baiknya jika kamu ingin memasang widget di layar android pasanglah yang benar-benar kamu butuhkan saja.

7. Kualitas Wallpaper Yang Terlalu Tinggi


Kualitas gambar wallpaper juga mempengaruhi kinerja android, semakin jernih wallpaper kita maka akan mengkonsumsi RAM yang banyak pula, jadi gunaka wallpaer di android kamu dengan kualitas sedang dan nyaman dilihat saja.

8. Launcher Dan Animasi Transisi


Aplikasi launcer dari pihak ketiga memang dapat membuat android kita menjadi kinclong dan wah, animasi serta efek yang ditimbulkannya membuat mata betah untuk melirik ponsel android dalam waktu yang lama. Tapi taukah semakin indah launcher dan tema tersebut akan semakin banyak pula aplikasi tersebut mengkonsumsi RAM android kamu, sehingga efek yang ditimbulkan saat kamu memainkan game atau sedang menjalankan aplikasi android akan menjadi berat dan lag.

9. Reset Perangkat Android


Ini adalah jalan terakhir dan bisa di bilang sangat mudah jika data atau file yang kamu simpan semuanya terletak di SDcard, karena dengan melakukan Reset di perangkat android akan menghapus semua data mulai dari Cache, data, aplikasi, gambar, foto dan video semua akan terhapus. Jadi berhati-hatilah sebelum melakukan reset pada android kamu.
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi android yang lag, lelet dan lemot.
Eram
Alone in this dark room !!!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter