Fitur dan kelebihan Android 9 Pie yang wajib kalian tau

Post a Comment
kelebihan android 9 pie

Setelah Nougat dan Oreo, saatnya untuk Pie yang berjaya! Google pada hari Senin kemarin mengumumkan pengiriman resmi Android 9 atau bisa kita sebut dengan Android Pie untuk semua smartphone. Versi beta Android Pie tersedia untuk empat bulan terakhir tetapi versi final dari versi stabilnya dimulai tadi malam.
Android 9 Pie adalah salah satu proyek paling ambisius dari Google yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman Android dengan belajar dari penggunanya dan beradaptasi dengan pola dan cara pakai penggunaannya.

Android 9 Pie pertama kali akan diluncurkan ke ponsel Pixel Google sendiri. Ini adalah Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, dan Pixel XL. Ponsel ini mungkin sudah mulai menerima peningkatan Android. Selain ponsel Pixel, Android 9 juga akan diluncurkan ke ponsel yang merupakan bagian dari program Android Pie beta. Jadi ponsel seperti OnePlus 6, Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2 dan Vivo X21 juga akan menjajal Android 9 pada akhir November ini.

Versi Android 9 yang merupakan keluaran terbaru Google ini menghadirkan berbagai perubahan UI dan fitur baru. Namun, tidak semua fitur ini akan segera tersedia. Kita hanya bisa berharap beberapa fitur ini akan datang pada akhir November. Jadi, tanpa banyak basa basi, mari kita lihat sepuluh fitur baru dari Android 9 Pie ini.

1. Baterai Adaptif: Android Pie menggunakan mesin untuk memprediksi aplikasi-aplikasi yang akan kita gunakan dalam beberapa waktu ke depan serta aplikasi mana yang tidak terlalu kita gunakan, sehingga ponsel kita hanya menghabiskan daya baterai pada aplikasi yang dijalankan saja atau kita pilih.

2. Kecerahan Adaptif: Android Pie dengan Kecerahan Adaptif akan mengajarkan bagaimana kita mengatur kecerahan layar di lingkungan dengan pencahayaan yang berbeda dan secara otomatis melakukannya.

3. Digital Wellbeing: Ini adalah salah satu sorotan utama dari Android Pie, namun fitur tersebut belum diluncurkan dengan rilis final Android Pie yang diluncurkan kemarin. Fitur ini tersedia hanya dalam versi beta untuk saat ini. Digital Wellbeing adalah inisiatif dari Google untuk membantu melacak penggunaan ponsel. Dengan Digital wellbeing ini, Google telah memperkenalkan cara baru untuk memberi tahu kita berapa banyak waktu yang kita habiskan di ponsel. Ini seperti dasbor yang memungkinkan kita melihat dengan cepat berapa banyak waktu yang kita habiskan di telepon dan aplikasi mana yang paling sering kita gunakan.

4. App Actions: App Actions memprediksi apa yang akan kita kerjakan, sehingga kita mendapatkan tugas berikutnya dengan lebih cepat. Google menjelaskan ini dengan contoh - katakan kita melakukan sesuatu seperti menghubungkan headphone kita, fitur ini akan menampilkan daftar putar yang kita dengarkan sebelumnya di bagian depan.

5. Gesture Navigation: Ini adalah fitur lain yang sangat penting dari Android 9. Ini membantu kita menavigasi sistem tanpa menggunakan bilah navigasi lama. kita dapat berpindah antar aplikasi dengan mudah menggunakan gerakan alih-alih tombol.

6. Slices: Slices menunjukkan bagian dari aplikasi kita dari dalam aplikasi lain saat kita sangat membutuhkannya. Pada dasarnya, ini menunjukkan bagian yang relevan dari aplikasi favorit kita ke permukaan. Misalnya, jika kita mengetik Uber di Google Penelusuran, kita akan melihat pratinjau Uber kecil tentang harga dan waktu untuk perjalanan ke kantor atau rumah kita di bawah saran pencarian Google biasa.

7. App Limits: Batas aplikasi memungkinkan kita menetapkan batas waktu pada aplikasi dan akan mengingatkan kita ketika kita ketika mendekati batas waktu itu. Ini untuk memeriksa penggunaan aplikasi kita.

8. Background Restrictions: Android 9 akan menyarankan kita di Pengaturan untuk membatasi aplikasi tertentu yang menggunakan terlalu banyak baterai, sehingga baterai tidak akan cepat habis.

9. Sound Delay Reporting: Ini adalah fitur menarik lainnya yang menawarkan dukungan untuk headset dengan Sound Delay Reporting, sehingga video pada perangkat dan audio di headphone kita selalu sinkron.

10. Mengelola Nontifikasi: Android Pie memberi kita kontrol lebih besar atas nontifikasi aplikasi kita. Dengan fitur ini, kita dapat dengan cepat mematikan nontifikasi dari berbagai aplikasi sehingga kita hanya menerima pemberitahuan yang penting bagi kita.

11. Display cut-out: Android Pie mendukung display cut-out. Ini berarti android pie akan mendukung pemotongan dan pengurangan pada layar untuk memanfaatkan ruang layar yang tersedia.
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter